Saturday, December 17, 2011

10 Perang Paling Aneh di Sepanjang Sejarah Manusia

Perang biasanya terjadi untuk memperebutkan banyak hal.Mulai dari kehormatan, kemuliaan, membebaskan tanah yang Anda yakini adalah hak Anda - dan daftar penyebab perang terus bertambah, tapi disamping hal-hal tersebut telah ada sejumlah perang yang benar-benar tidak biasa, saat banyak orang berjuang untuk alasan sepele atau bahkan sama sekali nggak penting.
Jadi tanpa penundaan lebih lanjut saya bawa ke Anda atas sepuluh sejarah perang yang paling aneh. Semuanya tercantum dalam urutan tertentu.


10. Lijar vs. Prancis
Pada 1883, warga Lijar, sebuah desa kecil di selatan Spanyol marah ketika mereka mendengar laporan bahwa saat mengunjungi Paris, Raja Spanyol, Alfonso XII telah dihina dan bahkan diserang di jalanan oleh massa di Paris. Sebagai tanggapan, walikota Lijar, Don Miguel Garcia Saez, dan 300 warga Lijar menyatakan perang terhadap Perancis pada 14 Oktober 1883.
Tidak satu senjatapun ditembakkan, dan bukan korban tunggal yang berkelanjutan di kedua kubu selama konfrontasi, tapi meskipun perang antiklimaks, Walikota Saez menyatakan "Teror Of The Sierra," terus di kobarkan.
93 tahun kemudian, pada tahun 1976, Raja Juan Carlos dari Spanyol-melakukan perjalanan ke Paris, di mana ia diperlakukan dengan hormat oleh warga ibukota Perancis.
Pada tahun 1981, dewan kota memutuskan bahwa Lijar "mengingat sikap yang sangat baik dari Prancis," mereka akan mengakhiri permusuhan dan setuju untuk gencatan senjata dengan Prancis.

Durasi Perang: 98 tahun(1883-1981)
Korban: Tidak ada.

9. Perang Ember Kayu
Perang ini dimulai pada 1325, ketika persaingan antara negara-negara kota mandiri Modena dan Bologna lepas kendali karena ember kayu. Masalahnya dimulai ketika sebuah band tentara Modena menggerebek Bologna dan mencuri sebuah ember kayu besar.
Serangan itu berhasil, tapi Bologna, ingin mengamankan ember sebagai kebanggaan, menyatakan perang terhadap Modena.
Perang berkobar selama 12 tahun penuh, tapi Bologna tidak pernah berhasil mendapatkan embernya kembali. Sampai hari ini ember masih disimpan di menara lonceng Modena.

Perang durasi: (1325-1337) 12 tahun.
Korban: Tidak Diketahui

8. Perang Paraguay
Presiden Paraguay, Francisco Solano Lopez, adalah seorang pengagum besar Napoleon Bonaparte. Dia menganggap dirinya pelatih yang terampil dan komandan yang sangat baik, namun tidak memiliki satu hal untuk membuktikannya, yaitu perang.
Jadi untuk memecahkan masalah ini, pada 1864 ia menyatakan perang pada 3 negara tetangga sekitar Paraguay,yaitu : Argentina, Brasil, dan Uruguay.

Hasil dari perang?
Paraguay hampir musnah. Diperkirakan 90% dari penduduk laki-laki tewas selama perang karena penyakit, kelaparan, dan pertempuran dengan tentara musuh.
Ini mungkin salah satu perang yang paling tidak perlu dalam sejarah karena presiden Lopez hampir tidak punya alasan untuk menyatakan perang terhadap 3 negara tetangganya yang lebih kuat.

Perang Durasi: (1864-1870) 6 tahun.
Korban: 400.000 di kedua pihak.

7. The War Of The Stray Dog
Pada tahun 1925 Yunani dan Bulgaria bukan sekutu. Mereka telah berjuang satu sama lain selama Perang Dunia Pertama dan luka-luka masih belum sembuh. Ketegangan yang terus-menerus tinggi di sepanjang perbatasan, terutama di sepanjang daerah yang disebut Petrich.
ketegangan mencapai titik didih pada tanggal 22 Oktober 1925 ketika seorang prajurit Yunani mengejar anjingnya di perbatasan Bulgaria dan ditembak mati oleh seorang penjaga Bulgaria.

Yunani bersumpah untuk membalas,untuk menginvasi Petrich pada hari berikutnya. Mereka cepat-cepat membersihkan pasukan Bulgaria dari daerah tetapi dihentikan oleh Liga Bangsa-Bangsa, yang memberikan sanksi pada Yunani dan memerintahkan mereka untuk meninggalkan Petrich dan membayar ganti rugi pada Bulgaria.
Yunani menarik pasukannya sepuluh hari kemudian dan membayar Bulgaria £ 45.000.

Perang durasi: (23 Oktober-2 November, 1925) 10 hari.
Korban: 52 orang tewas di kedua belah pihak.

6. Perang Aroostook
Perang Aroostook adalah konfrontasi militer antara Amerika Serikat dan Inggris atas perbatasan Maine. Setelah Perang 1812, pasukan Inggris telah menduduki sebagian besar bagian timur Maine dan meskipun tidak memiliki pasukan di daerah tersebut, Inggris masih menganggap Maine sebagai wilayah Inggris.

Pada musim dingin tahun 1838 penebang kayu Amerika memotong kayu bakar di wilayah sengketa, dan sebagai hasilnya menghasut kemarahan Inggris, yang segera memindahkan tentara ke daerah itu.
Pasukan Amerika digerakkan ke sana juga, dan tampak seperti perang sudah dekat. Namun logistik pada setiap sisi punya menggeram dan Amerika menerima sejumlah besar daging babi dan kacang-kacangan karena kesalahan di departemen persediaan.
Hal ini menyebabkan julukan perang yang paling populer,sebagai "Perang babi dan kacang". Selama hampir setahun, pasukan Inggris dan Amerika menunggu satu sama lain sebelum pemerintah masing2 akhirnya mencapai kesepakatan.
Inggris setuju untuk memberikan Amerika di timur Maine dan pasukan Amerika mundur. Perang Aroostook terjadi tanpa pertempuran militer, tetapi ada ratusan kematian karena penyakit dan cedera yang tidak disengaja.

Perang durasi: (Desember 1838-November 1839) 11 bulan.
Korban: 550 tewas di kedua belah pihak.

5. Perang Babi
Perang lain antara Inggris / Amerika, Perang Babi dimulai ketika seorang infanteri Inggris menembak seekor babi yang berkeliaran di tanah Amerika. Milisi Amerika setempat menanggapi dengan berkumpul di perbatasan dan menunggu Inggris untuk bergerak. Akhirnya Inggris meminta maaf dan perang berakhir singkat, menjadikan babi sebagai satu2nya korban.

Perang durasi: (Juni-Oktober 1859) 4 bulan.
Korban: 1 babi.


4. Perang 335 Tahun
Perang ini terjadi antara Belanda dan Pulau Scilly, yang terletak di lepas pantai barat daya Inggris.Perang dimulai pada tahun 1651, tetapi seperti banyak perang zaman itu tidak dianggap serius dan segera dilupakan. Tiga abad berlalu sebelum kedua negara akhirnya setuju untuk kesepakatan damai pada tahun 1986, membuat perang ini yang terpanjang dalam sejarah manusia.

Perang durasi: (1651-1986) 335 tahun.
Korban: Tidak ada.

3. Perang Sepak Bola

Beberapa perang dimulai dengan serangan mendadak, pembantaian dan lain-lain, tapi yang satu ini dimulai dengan pertandingan sepak bola antara El Salvador dan Honduras pada tahun 1969. El Salvador kalah dalam permainan dan ketegangan terus meningkat sampai 14 Juni,Angkatan darat El Salvador melancarkan serangan terhadap Honduras.
Terkejut oleh kekerasan mendadak, Organisasi Negara-negara di Amerika mengadakan gencatan senjata yang diberlakukan pada 20 Juni, setelah 100 jam setelah tembakan pertama ditembakkan.

Perang durasi: (14-20 Juni 1969) 4 hari.
Korban: 3.000 mati di kedua belah pihak.

2. Perang Moldovan-Transdniestrian
Perang ini dimulai segera setelah runtuhnya Uni Soviet ketika negara bekas blok Soviet Moldova mengalami krisis. Dua-pertiga dari negara ingin ingin lebih dekat dengan Rumania, tetapi sepertiga sisanya ingin tetap dekat dengan Rusia.
Akibatnya, perang meletus.
Tapi apa yang membuat perang ini benar-benar aneh adalah fakta bahwa para pria berkelahi satu sama lain selama siang hari,dan ketika malam mereka sering berkumpul di tanah tak bertuan untuk berbaur dan minum-minum.
Tentara bahkan membuat perjanjian untuk tidak menembak satu sama lain jika mereka bertemu satu sama lain selama pertempuran di hari berikutnya.
Dan itu terjadi hampir setiap malam selama perang.
Seorang tentara menulis dalam buku hariannya: "Perang ini seperti pesta aneh, siang hari kita membunuh musuh kami, pada saat malam kita minum dengan mereka.betapa edannya perang gila ini .... "

Perang durasi: (2 Maret - 21 Juli 1992) 4 bulan.
Korban: 1.300 mati di kedua belah pihak.

1. Perang Burung Emu
Ini mungkin perang hanya formal dimana salah satu pihak yang berperang itu bukan manusia, melainkan burung.
Pada tahun 1932 populasi emu di Australia tumbuh di luar kendali, dengan 20.000 diperkirakan emu berjalan sekitar gurun Australia dan menyebabkan kekacauan pada ladang para petani.
(Burung Emu adalah burung terbesar di Australia dan juga Burung terbesar kedua di dunia dalam ukuran berat...)
Sebagai tanggapan militer Australia mengirimkan satuan tugas tentara bersenjata dengan senapan mesin untuk membunuh emu dan bahkan dengan bercanda menyatakan perang pada mereka.
Pada pertengahan November mereka meluncur keluar ke padang gurun dan terus memburu setiap emu yang bisa mereka temukan.
Namun, semuanya segera menjadi kompleks karena Burung emu terbukti sangat tangguh, bahkan ketika terkena peluru senapan mesin ganda, mereka terus melarikan diri, dengan mudah melampaui para prajurit yang berat.
Perang Emu berlangsung selama hampir seminggu sebelum Mayor Meredith, komandan dari Gugus tugas laskar Pembantai Emu,menyerah dan merasa sangat kesal setelah tentaranya hanya bisa membunuh sebagian kecil dari burung yang sulit dipahami itu.

Perang durasi: (November 11-18 1932) 7 hari.
Korban: 2.500 emu.

No comments:

Post a Comment