Tuesday, November 29, 2011

10 Ledakan Terbesar Yang Pernah Terjadi Di Semesta


Ada banyak ledakan yang dihasilkan manusia dalam rangka berlomba-lomba, dalam menghasilkan senjata pemsnah masal yang efektif, Namun bagaimanapun bumi secara alami jauh lebih dasyat dalam menghasilkan sebuah ledakan yang masif terjadi dan sekaligus merubah tatanan alam..
Dan nun jauh di seberang bumi (luar angkasa) dengan kekuatan jauh lebih spektakuler terjadi ledakan-ledakan yang berjuta-juta kali dengan segala ledakan yang pernah ada di bumi..
dan berikut secara singkat 10 ledakan terdasyat yang pernah didokumentasikan dalam sejarah manusia


10. FOAB (Father of All Bomb)

FOAB (Bapak dari semua Bom) adalah senjata taktis Rusia yang dirancang untuk meledak di udara dan memberikan gelombang kejut membakar ke daerah sasaran di bawah nya. Bom ini setara dengan 44 Ton TNT, sekitar sekuat senjata nuklir terkecil yang ada.

Namun, FOAB tidak menghasilkan kejatuhan radioaktif seperti senjata nuklir . FOAB adalah bagian dari "perlombaan senjata miniatur" antara Amerika Serikat dan Rusia. Pada tahun 2003 Amerika Serikat mengembangkan Moab (Massive Ordinance Air Blast Bomb)(Bom Ledakan besar-besaran Ordonansi Udara ) yang merupakan perangkat yang mirip dengan hasil 11 ton TNT. Moab dengan cepat disebut "Ibu dari semua Bom" sesuai dengan singkatannya MOAB= Mother of All Bomb.
Dalam respon jelas, Rusia mengembangkan “Father of all Bombs” pada tahun 2007 yang diklaim empat kali lebih kuat dan sedikit lebih ringan dalam berat. Namun, Militer Amerika Serikat meragukan klaim ini, dan mengatakan bahwa sangat mungkin bahwa film yang dirilis Rusia adalah dilebihlebihkan, dan bahwa beberapa "fakta" tentang bom itu dibesar-besarkan untuk tujuan propaganda.

9. Minor Scale

Minor Scale adalah tes yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada 27 Juni 1985. Badan Pertahanan Nuklir Amerika Serikat meledakkan hampir 5.000 ton amonium nitrat bahan bakar untuk mensimulasikan efek dari senjata nuklir. Tujuan utama adalah untuk melihat bagaimana senjata nuklir kecil akan mempengaruhi perangkat keras militer. Dalam foto itu, F-4 Phantom dapat dilihat di belakang ledakan. Suatu fakta yang menarik: Ada sengketa tentang apakah atau ini sebenarnya ledakan pertemuan terbesar. Ledakan Heligoland dilakukan oleh Inggris ketika Royal Navy meledakkan 6.700 ton persediaan senjaata tersisa dari Perang Dunia II di gudang. Sementara Guinness Book of Records mencatat Heligoland sebagai catatan yang lebih besar, hasil dari minor scalel lebih besar sekitar setengah kilo ton TNT.

8.Tunguska Event
Type: Largest impact in recorded history

Ledakan misterius di dekat Podkamennaya Sungai Tunguska pada tahun 1908 yang membuat rata sekitar 500.000 hektar (2.000 kilometer persegi) hutan Siberia, daerah hampir ukuran kota Tokyo. Para ilmuwan berpendapat bahwa ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari sebuah asteroid atau komet mungkin 65 meter (20 meter) dengan diameter 185.000 metrik ton pada massa - lebih dari tujuh kali dari kapal Titanic. Ledakan yang dihasilkan bisa saja sekuat empat megaton TNT - atau 250 kali lebih kuat daripada bom atom dijatuhkan di Hiroshima.

7.Tsar Bomba
Tsar-Bomba Digitally Enhanced Nuclear Bomb Picture

Tsar Bomba (Царь-бомба) yang berarti Kaisar Dari Segala Bom adalah sebuah bom nuklir yang diciptakan oleh Uni Soviet. Tsar Bomba adalah proyek dari "Иван" (Ivan), pembuatan bom membutuhkan waktu selama 15 minggu dan diuji coba pada tanggal 30 Oktober 1961. Bom ini diuji cobakan di sekitar Pulau Novaya Zemlya, Laut Artik. Tsar Bomba memiliki berat sebesar 27 ton dan diangkut oleh pesawat TU-95 yang merupakan pesawat pengebom terbesar pada jamannya.

Ketinggian pelepasan bom adalah setinggi 34.500 kaki, dan sewaktu meledak memiliki daya ledak sebesar 50 Megaton TNT yang sebanding dengan seluruh bom yang meledak pada Perang Dunia 2 dan dikalikan 10. Awalnya, Tsar Bomba direncanakan memiliki daya ledak sebesar 100 Megaton TNT tetapi dibatalkan karena berdampak luas bagi Atmosfer. Ledakan dapat terlihat sampai 1.000 km dari tempat peledakan.
Ketinggian Jamur Api yang dihasilkan oleh bom ini setinggi 64 kilometer, ionisasi dari ledakan menyebabkan gangguan radio komunikasi selama berjam-jam.

6.Letusan Gunung Tambora
Type:Ledakan Dari Bumi Yang Pernah Dicatat Manusia

Pada Bulan April tahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT, letusan gunung berapi terbesar yang tercatat dalam sejarah. Ledakan melempar keluar sekitar 140 miliar ton magma dan tidak hanya menewaskan lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa dan Lombok di dekatnya, tetapi abu itu dikabarkan menciptakan perubahan iklim global. Tahun berikutnya, 1816, menjadi dikenal sebagai Tahun tanpa musim panas, salju jatuh pada bulan Juni di Albany, NY, sungai es terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia


5. Cretaceous-Tertiary Extinction Event

Sekitar 65 juta tahun lalu sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Cretaceous-Tertiary Event menyebabkan kepunahan banyak organisme, tetapi yang paling terkenal menyebabkan kepunahan dinosaurus.
Banyak ilmuwan percaya bahwa ini disebabkan oleh dampak asteroid yang menciptakan kawah Chicxulub yang terletak di lepas pantai Semenanjung Yucatan. Diperkirakan bahwa kekuatan ledakan ini setara dengan 96 teratons TNT, atau sekitar 1,7 juta kali kekuatan Tsar Bombas.
Hal ini akan membuat dampak ledakan terbesar yang pernah terjadi di bumi dengan adanya bukti geologi yang cukup. Dampaknya menyebabkan perubahan iklim, seperti letusan Tambora tapi jauh lebih drastis, dan karena perubahan iklim ini diyakini membunuh dinosaurus.

4. GRB 080319B
Type: Ledakan Terbesar Di Angkasa Yang Pernah Disaksikan Mata Manuasia

Semburan Gamma-ray adalah salah satu peristiwa yang dikenal paling kejam di alam semesta. Penyebab pasti semburan Gamma-ray tidak sepenuhnya dipahami, meskipun sebagian besar astronom berpendapat bahwa mereka terkait dengan supernova yang sangat besar. semburan Gamma-ray biasanya berlangsung 20 sampai 40 detik dan menyinarkan sinar gamma pada arah yang relatif sempit. semburan Gamma-ray sangat jarang terjadi, dengan satu terjadi setiap beberapa ratus ribu tahun di setiap galaksi.
Pada tanggal 19 Maret 2008, ledakan sinar gamma yang disebut GRB 080319B terjadi dan terlihat dengan mata telanjang selama sekitar 30 detik. Ledakan itu terjadi 7,5 miliar tahun cahaya jauhnya, membuat obyek yang paling jauh dapat dilihat tanpa teleskop. Ledakan diperkirakan telah dihasilkan setara dengan 2a-1034 ton TNT, atau sekitar setara dengan 10.000 kali berat Matahari diledakkan sekaligus.

3,.SN2006gy
Type: Largest known supernova

Pada tanggal 16 September 2006,ditemukan supernova yang dikenal terbesar, SN2006gy, . Supernova terjadi ketika bintang kehabisan bahan bakar, kolaps pada diri mereka sendiri, dan kemudian meledak. Benar-benar supernova terbesar, atau hypernova, adalah salah satu peristiwa paling kejam di alam semesta, dan diyakini menjadi sumber ledakan sinar gamma. SN2006gy terjadi 230 juta tahun cahaya jauhnya ketika sebuah bintang dengan massa sekitar 150 kali massa Matahari meledak dengan sendirinya.
Jumlah output energi hypernova ini diperkirakan menjadi sekitar setara dengan 2.5A-1035 ton TNT, yang kira-kira jumlah energi yang sama yang dikeluarkan oleh semua bintang di galaksi Virgo supercluster dalam satu menit. Suatu fakta yang menarik: Karena hypernova biasanya disebabkan oleh bintang-bintang yang sangat besar, biasanya ada cukup bahan yang tersisa dari bintang untuk terus hancur setelah ledakan. Ini materi yang tersisa kadang-kadang akan jatuh sampai volumenya mencapai nol. Ini berarti bahwa banyak hypernova membentuk lubang hitam.

2. GRB 080916C
Type: Largest true explosion ever
 

Alam semesta adalah tempat yang besar. Benda-benda astronomis besar sulit untuk dipahami, dan ledakan terbesar yang diketahui, GRB 080916C tidak jauh berbeda. GRB 080916C adalah ledakan sinar gamma yang pertama kali direkam pada 16 September 2008. Ledakan terjadi sekitar 12,2 miliar tahun cahaya jauhnya dan berlangsung selama 23 menit, yang merupakan durasi yang sangat panjang untuk ledakan sinar gamma. Bagi mereka 23 menit, ledakan sinar gamma adalah memadamkan energi lebih dari superkluster galaksi. Diperkirakan bahwa ledakan itu setara dengan jumlah energi 2A-1038 ton TNT.Kekuatan ledakan itu sama dengan ledakan 1 triliun Tsar yang diledakkan setiap 1 detik selama 110 miliar tahun, atau sekitar 7.000 kali jumlah energi yang dikeluarkan Matahari sejak belum menyala sampai tak bersinar lagi.

1. Big Bang
Tipe: Largest “explosion” ever

Sangatlah tepat Bigbang menjadi nomor satu sebagai ledakan paling dsyat yang pernah diciptakan Tuhan. Namun, Big Bang secara teknis bukan ledakan. Sebuah ledakan terjadi ketika materi bergerak melalui ruang dari titik tekanan tinggi ke titik tekanan rendah , yang dasyat,dan sangat cepat. Namun, ruang Big Bang melibatkan diri berkembang cepat, tidak peduli memperluas melalui ruang. Bahkan, karena alam semesta masih berkembang, orang dapat berargumentasi bahwa Big Bang masih terjadi. Kesalahpahaman lain tentang Big Bang Theory adalah bahwa hal itu tidak menjelaskan bagaimana alam semesta dimulai atau bagaimana materi dan energi pertama muncul. Ini hanya menjelaskan bagaimana ruang cepat memperluas sekitar 5.4Ã-10-44 detik setelah alam semesta dimulai.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment