Wednesday, July 27, 2011

3 Wanita Penting Dalam Sejarah IPTEK

Ada banyak orang yang terlibat dalam perkembangan sejarah teknologi. Disarikan dari MaximumPC, berikut adalah tiga perempuan yang paling termahsyur dan berjasa dalam sejarah perkembangan teknologi yang ada saat ini.

3. Jean Bartik
Bernama panjang Betty Jean Jennings, perempuan yang sering dipanggil Jean Bartik ini adalah salah satu dari banyak perempuan yang bekerja di ENIAC.

Setelah lulus dari jurusan matematika di Northwest Missouri State Teachers College, ia 'dibeli' oleh University of Pennsylvania untuk bekerja pada Army Ordnance di Aberdeen Proving Ground pada 1945.

Di sana ia bertemu Kay McNulty, dan menjadi salah satu programer pertama ENIAC. Program yang dihasilkannya pertama kali pada waktu itu digunakan untuk menghitung lintasan balistik.

Bartik terus bekerja di ENIAC saat program buatannya itu telah menjadi salah satu program komputer paling penting yang dipasarkan.Ia juga ikut mengerjakan BINAC dan UNIVAC I, komputer generasi pertama.Ia kemudian menjadi editor untuk Penerbit Auerback, lalu pindah lagi untuk bekerja pada Data Decisions yang didanai oleh Ziff-Davis Publishing).Namanya diabadikan sebagai nama museum di Northwest Missouri State University.


2.Grace Hopper
Laksamana Hopper bukanlah programer perempuan pertama, tetapi ia adalah perempuan pertama yang lulus dari Yale dengan gelar Ph.D di bidang matematika. Ia juga merupakan perempuan pertama yang mencapai pangkat Admiral di Angkatan Laut AS.

Selain menciptakan compiler komputer pertama pada 1952, Laksamana Hopper mengembangkan COBOL (Common Business-Oriented Language). Ia pula yang pertama kali mempopulerkan istilah bug dan debugging yang istilah itu sebenarnya tersebut saat ia berusaha mengusir seekor ngengat dari komputer yang ia gunakan untuk bekerja.

Ia juga berperan penting dalam penciptaan bahasa pemrograman FLOW-MATICuntuk komputer UNIVAC I dan II.

1.Ada Lovelace
Augusta Ada King, atau Countess of Lovelace adalah anak dari penyair Lord Byron dan Anne Isabella Milbanke. Ia adalah seorang matematikawan yang dikenal dengan julukan "putri jajaran genjang". Ia mengajar matematika dan ilmu pengetahuan karena tidak mau menjadi penyair seperti orangtuanya.

Ia mantap berkecimpung di dunia teknologi pada 1843 saat ia menerjemahkan karya pemrograman komputer Luigi Menabrea di mesin analisis Charles Babbage.

Saat ini, catatan terjemahannya itu diyakini sebagai algoritma pertama yang berfungsi untuk dapat diproses mesin. Hal itulah yang membuat Ada Lovelace dianggap sebagai seorang programer komputer pertama.

Namanya juga digunakan sebagai nama bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1980.Nama Lovelace terkenal di kalangan anak-anak perempuan pecinta teknologi.

TOKOH IPTEK,PENEMU PEREMPUAN,ILMUWAN WANITA,ILMUWAN PEREMPUAN,TOKOH WANITA DUNIA,PROGRAMER KOMPUTER PERTAMA,KOMPUTER SEJARAH,SEJARAH PROGRAMER

No comments:

Post a Comment