Friday, August 27, 2010

Script anti iframe

Selamat pagi sobat, pagi ini zoel akan bahas mengenai "script anti iframe" yang dikutip dari blognya kang rohman. Sebelumnya zoel pernah posting "mengenal perintah iframe", nah kayanya kurang pas kalau tidak bahas penangkalnya.
Seperti yang telah zoel sampaikan pada posting terdahulu bahwa menggunakan iframe janganlah sembarangan, artinya sobat jangan asal sertakan blog/web orang lain dengan perintah iframe di blog sobat, karena hal itu tentunya tidak disukai oleh si yang punya blog atau web tersebut kecuali telah mendapat ijin terlebih dahulu.
Hal ini sangat merugikan karena tidak mendapatkan jumlah kunjungan yang sebenarnya dan dapat mengambil jatah bandwidth website tersebut (apabila hosting sendiri).



Untuk yang blognya di host di blogger tentu tidak ada masalah karena bandwidth blogger boleh di katakan tidak terbatas, namun bagi yang sewa hosting sendiri ini sangatlah merugikan. Walaupun demikian untuk pengguna blogger juga dirasa sedikit kurang menguntungkan karena mendapatkan sebuah kunjungan palsu. Bagaimana cara untuk menghindari agar orang lain tidak bisa memasang iframe untuk blog kita? caranya sangat mudah, dengan hanya memasang sebuah script sederhana, anda dapat menghindari pencurian dari kode iframe.

Langkah sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang script berikut pada bagian header template anda.

For Blogger :

  • Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  • Klik Tata Letak.
  • Klik tab Edit HTML.
  • Carilah kode </head>
  • Copy paste kode berikut persis diatas kode </head>

<script type="text/javascript">
<!-- Hide Script
    if (top.location != self.location) {
      top.location = self.location
    }
//End Hide Script-->
</script>

  • Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.
  • Selesai

Untuk pengguna Wordpress.org, pada theme umumnya ada file yang bernama header.php, bukalah file tersebut lalu cari kode </head>, lalu copy paste script yang tadi tepat diatas kode </head>. Namun, jika anda ingin praktis, anda bisa menggunakan plugin break out of frame.

Setelah script tersebut dipasang di blog sobat, maka jika ada blog yang usil memakai iframe untuk blog sobat, maka blog tersebut akan di redirect ke blog/web yang aslinya.

Semoga sukses ya...
happy blogging...
tutorial sederhana

No comments:

Post a Comment