Thursday, August 5, 2010

Domain .co.cc bisa diakses tanpa WWW

Cukup lama zoel tidak posting di blog ini, ada rasa kangen ingin nulis artikel namun ada juga rasa malasnya. hehe.. langsung saja deh..

Domain .co.cc bisa diakses tanpa WWW

Sebelumnya zoel telah posting (baca: bagaimana cara pasang domain .co.cc di blogspot) dan (baca juga: cara memperpanjang masa aktifnya), cara tersebut jika sobat telah selesai memasang domain .co.cc di blogspot, maka hasilnya akan menjadi "http://www.domainsobat.co.cc/". Hal tersebut mungkin membuat sobat risih karena harus menambahkan WWW di depan domain.



Kenapa Anda Terapkan Trik Ini?

Pertama... Seringkali orang saat ketikkan alamat di adress bar cenderung ia ketikkan tanpa www. Jadi, jika blog Anda tidak bisa diakses tanpa www itu sangat merugikan. Kedua.... saat bertukar link beberapa blogger memasang link Anda tanpa www, alhasil jika blog Anda tak bisa diakses tanpa www akan rugi lagi.

Dapatkan IP
1. Ping blog untuk mengetahui IP Address. Klik Start - Run. Ketikkan pada kolom CMD dan Enter untuk membuka Command Prompt.

setting .co.cc

2. Masuk jendela command prompt, silahkan Anda ketikkan ping www.domainsobat.co.cc

setting .co.cc

3. Tekan enter dan Anda akan mengetahui IP Address blog Anda.
setting .co.cc
Add Record

4. Login ke akun .co.cc Anda
5. Masuk ke bagian zona record. Dan masukkan data sebagai berikut
Host isi dengan alamat blog Anda tanpa www, misal: zoel.co.cc
TTL biarkan default
Type, pilih A
Value, isi dengan IP yang telah Anda dapatkan


6. Klik tombol Setup

Atur Redirect

Login blogger. Masuk ke pengaturan. Klik Publikasikan. Centang checklist redirect/mengarahkan namablogsobat.co.cc to/ke www.namablogsobat.co.cc

setting .co.cc

Sekarang Anda memiliki 2 list pada zona record, yakni pengaturan awal dengan CNAME dan juga pengaturan di atas agar penulisan tanpa www di redirect menjadi dengan www. Dengan begini, kemungkinan orang salah alamat saat menuju blog Anda semakin kecil. Tunggu hingga 48 jam untuk penyesuaian... Semoga berhasil....

Jadi Anda mempunyai dua record, yang pertama dgn Zone record CNAME value ghs.google.com seperti pada tutorial "bagaimana cara pasang domain .co.cc di blogspot", dan yang kedua adalah zone record (A) dgn value IP Address seperti tutor ini.

tutorial sederhana

No comments:

Post a Comment