Friday, May 21, 2010

Edit Iklan Kumpulblogger

Tampilan kumpulblogger memang sulit untuk diatur tampilannya secara otomatis, karena mungkin kumpulblogger ingin menunjukkan identitasnya sendiri, dengan selalu menampilkan garis tepi misalnya (untuk menghilangkan garis tepi: menghilangkan garis tepi), dan tampilan iklannya yang besar-besar memakan tempat, adapun yang kecilnya dengan scroll namun kurang menarik (hehe,, itu menurut zoel).



Sebenarnya ini posting merupakan sambungan dari posting terdahulu "percantik tampilan kumpulblogger" yang justru lebih spesifik ke menghilangkan garis tepi (hehe.. salah judul ceritanya).

Di mulai saja ya tutorialnya, ini cukup simpel sebenarnya, sudah banyak yang tahu (jadi ini khusus untuk yang belum tahu lho),

Tutorial ini lebih spesifik ke "memotong panjangnya iklan, dan mengatur lebar maupun panjang",

<div style="overflow:hidden;width:430px;height:250px;padding:10px"> kode iklan kumpul blogger di sini </div>
Sebagai keterangan code di atas: warna merah merupakan perintah menyembunyikan sebagian dari teks/iklan tersebut dan ini bisa sobat pilih saja jika tidak ingin memotongnya bisa membuat scroll yaitu menggantinya dengan "auto" maka otomatis akan membentuk scroll, warna biru "width" yang berarti lebar bisa sobat atur sendiri, begitu juga dengan angka 250 atau "height" sebagai tingginya bisa sobat atur sesuai keinginan, dan yang terakhir dengan warna hijau "padding" merupakan angka kerapatan/jarak teks dengan tepi.

Sebenarnya jika sobat sudah tahu masing-masing fungsi dari kode di atas, sobat bisa menempatkan iklan tersebut dimana saja sesuai keinginan, namun teman-teman blogger biasanya menempatkan iklan kumpulblogger lebih senang di bagian bawah post, jika sobat juga ingin penempatan iklan seperti itu, caranya:

1. Login dulu oke!!!
2. Pilih tata letak
3. Edit HTML
4. centang box di kanan atas "expand widget templates"
5. Cari kode <data:post.body/> tekan saja f3 (memudahkan pencarian)
6. Masukkan kodenya tepat di bawah <data:post.body/>
maka hasilnya menjadi seperti ini:

<data:post.body/>
<div style="overflow:hidden;width:430px;height:250px;padding:10px"> kode iklan kumpul blogger di sini </div>
7. save.

Ini hanya berjalan pada kode iklan pertama di kumpulblogger.com dan lebih menarik memadukannya dengan tutorial "hilangkan garis tepi di blogger". Lebih baik baca dulu deh "hilangkan garis tepi di blogger".

No comments:

Post a Comment