Saturday, March 20, 2010

Sedikit mengenal tentang meta tag

Jika kita berbicara masalah meta tag, ada kaitannya dengan optimasi SEO, kenapa?? karena meta tag merupakan suatu code penyampaian informasi penting suatu halaman blog ke search engine (mesin pencari), sehingga search engine bisa menampilkan informasi yang kita buat (tentunya di blog) yaitu lewat meta tag tadi. Meta tag di bagi ke dalam 3 bagian utama (yang benar-benar terbaca oleh SEO), yaitu:

1. Meta tag description
2. meta tag keyword
3. meta tag robots

Meta tag description di buat dengan menuliskan gambaran umum mengenai isi dari halaman web tersebut. Usahakan keterangan dari meta tag description tersebut mencakup keseluruhan dari isi blog/web sobat. Ukurannya disarankan jangan sampai melebihi dari 200 karakter (jadi jangan buat descripsi blog yang sampai berparagraf-paragraf seperti mau posting sebuah artikel.. cukup intinya saja..). Biasanya kalimat-kalimat pada awal postingan sangat mempengaruhi dari SEO, jadi usahakan agar postingannya saling berhubungan dengan descripsinya (jangan kaya blog zoel ini, yang apa aja di posting.. hehe..).

Meta tag keyword namanya saja "keyword" berarti kata kunci tentang web tersebut, tidak kalah pentingnya dengan descripsi, keyword pun punya peranan penting untuk optimasi SEO. Dan yang jelas keyword hanya memasukkan kata-kata kunci dari isi web/blog sobat, dan harus sesuai dengan apa yang ada di descripsi biar nyambung. Yang paling penting hati-hati menuliskan keyword, jangan sampai keyword yang ditulis merupakan kata yang diulang sebanyak lebih dari tiga kali karena itu akan dianggap spamming.

Contoh seperti:

<meta name='keywords' content='bali, bali hotels, travel in bali, bali island, bali weather'>
!! contoh di atas merupakan pemakaian keyword yang salah

<meta name='keywords' content='bali hotels, travel, bali island, bali weather'>

!! contoh di atas merupakan pemakaian keyword yang benar 

Dan yang tidak kalah pentingnya jangan membuat keyword yang tidak sama sekali ada kaitannya dengan isi blog tersebut karena hal itu akan disangka spamming juga. Mis: sobat menjelaskan tentang bali, tapi menyelipkan keyword MP3, dangdut, kroncong (misalnya) yang tidak sama sekali ada kaitannya dengan isi blog sobat.

Meta tag robots Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu
website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine.
Perintah yang digunakan dengan pemanggilan menggunakan code: index follow (memerintahkan aga spider membaca main page dan menelusuri link yang ada) maka tampilannya akan seperti ini: 

<meta name='robots' content='index follow'>

dan kebalikan dari code tersebut, agar spider tidak membaca main page dan menelusuri link yang ada gunakan:

<meta name='robots' content='noindex nofollow'>

Berhubung sudah terlalu malam, bersambung dulu deh ya..

No comments:

Post a Comment