Wednesday, March 17, 2010

Apa sih blog itu?

Blog?? Apa itu blog? Kendati blog kini menjadi kosakata umum di dunia, bahkan di Indonesia, namun masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya paham. Blog adalah merupakan singkatan dari weblog. Blog pada dasarnya merupakan website dengan ciri khusus, yakni tulisan terbaru berada paling atas. Blog mengikuti format diari (catatan harian) online atau jurnal yang isinya dibuat berdasarkan tanggal.
Walaupun memang pada dasarnya adalah diari, namun tak sedikit pula blog diisi dengan suatu topik khusus, atau juga berisi refleksi pribadi dan opini mengenai suatu masalah. Blog memiliki ciri yang lain dari website, yakni kemudahan dalam menambahkan konten baru, website relatif sulit dan rumit untuk di update karena terkendala masalah teknis (untuk sebagian orang; karena tidak semua orang memahami bahasa pemrograman). Publikasi konten blog menjadi semudah menulis email. Kehadiran blog meniadakan masalah publikasi. Dengan blog seseorang dapat mempublikasikan konten secara teratur, bahkan bisa beberapa artikel per hari.
Oleh karena selalu terupdate, mesin pencari seperti Google sangat menyukai blog. Kini cukup banyak blog yang mendapat ranking tinggi di mesin pencari. Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah tambahan fungsi komentar. Di setap artikel yang dipublikasi mempunyai kotak yang mengijinkan siapapun memberi komentar. Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat komunikasi dua arah. Para pembaca bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis konten, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah komunitas.
Blog secara alamiah kini bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya, menumbuhkan hubungan antar-manusia dan sebagai efek samping dari banyaknya blog sekarang, beberapa blogger diterima sebagai ahli yang disegani.



{Sumber: Fary SJ Oroh (ngeblog cerdas dan profesional dengan blogspot}

No comments:

Post a Comment