Thursday, March 11, 2010

Pasang search engine di blog

Postingan kali ini ada hubungannya dengan postingan zoel yang kemarin, kemarin membahas tentang "tampilan dalam pencarian artikel hanya judul", dan sekarang mungkin jika ada diantara sobat yang belum tahu cara membuat search engine di blog, bisa di ikutin cara-cara ini, cara ini memang simple, dan caranya pun sederhana.

Code dari search engine tersebut akan seperti ini:

<form id="searchform" action="http://AlamatBlogAnda.blogspot.com/search" name="searchform" method="get">
<input id="s" value="" name="q" type="text"> <input id="searchsubmit" value="Search" type="submit"> </form>
 Ada pula keuntungan yang didapat dengan memasang search engine seperti ini di blog, memudahkan pengunjung mencari postingan kita, seperti yang telah zoel posting juga artikelnya kemarin tentang manfaat search engine, tapi selain itu, pakai search engine ini pencarian keyword yang pengunjung tulis "di search engine blog" sangat optimal, maksudnya tidak terpaku terhadap judul dari postingan, sehingga walaupun judul postingan tersebut berbeda dengan keyword yang di cari, tapi isi dari postingan tersebut memenuhi keyword yang dicari.

Hasil dari code searh engine di atas akan tampil seperti ini:


Oia hampir lupa, ada keterangan yang harus sobat isi dari code tersebut, ada tulisan yang berwarna merah tersebut sobat isi dengan nama blog sobat, dan yang berwarna biru merupakan "value" atau nama dari tombol, misal sobat mau ganti "value" dengan Go, cari, dll. terserah sobat deh yang enak apa... Nah maka akan tampil seperti ini:


Untuk pemasangannya mungkin sobat sudah tahu ya, dashboard-layout-edit pages-add a gadget-html/javascript-baru di copas di situ.

Gimana ngartos??


Semoga berhasil...

No comments:

Post a Comment