Tuesday, December 6, 2011

Dampak Penerapan Bioteknologi Terhadap Kehidupan

Dampak Penerapan Bioteknologi


  • Dampak Lingkungan
    Pelepasan organisme transgenik ( berubah secara genetik ) ke alam bebas dapat menimbulkan dampak berupa pencemaran biologi yang dapat lebih berbahaya daripada pencemaran kimia dan nuklir. Dengan keberadaan rekayasa genetika, perubahan genotipe tidak terjadi secara alami sesuai dengan dinamika populasi, melainkan menurut kebutuhan pelaku bioteknologi itu.
  • Dampak terhadap Kesehatan
   Produk rekayasa di bidang kesehatan dapat juga menimbulkan masalah serius. Contohnya adalah penggunaan insulin hasil rekayasa telah menyebabkan 31 orang meninggal di Inggris. Tomat Flavr Savrt diketahui mengandung gen resisten terhadap antibiotik.
  • Dampak Di Bidang Sosial Ekonomi
    Produk bioteknologi dapat merugikan petani kecil. Ppenggunaan hormon pertumbuhan sapi ( bovine growth hormone : BGH )  dapat meningkatkan produksi susu sapi sampai 20 % niscaya akan menggusur peternak kecil. Dengan demikian, bioteknologi dapat menimbulkan kesenjangan ekonomi.

  • Dampak Terhadap Etika
    Menyisipkan gen makhluk hidup lain memiliki dampak etika yang serius. Menyisipkan gen makhluk hidup lain yang tidak berkerabat dianggap melanggar hukum alam dan sulit diterima masyarakat. Mayoritas orang Amerika berpendapat bahwa perpindahan gen itu tidak etis, 90 % menentang pemindahan gen manusia ke hewan, 75 % menentang pemindahan gen hewan ke hewan lain.




No comments:

Post a Comment