Saturday, September 3, 2011

Tank - Tank Perkasa Buatan Jerman di PD 2 (bagian3)

HETZER Light Tank Destroyer


Type : Light Tank Destroyer
Place of origin : Nazi Germany
Service history : 1944–1945 World War II, but still service in Swiss army after WW II
Designer :Skoda
Designed :1943
Manufacturer : Böhmisch-Mährische Maschinenfabrik, Škoda
Unit cost :?
Produced :March 1944–May 1945
Number built :1.577 (May 1944)

Specifications
Weight 14.500kg
Length 6,2m
Width 2,5m
Height 2,1m
Crew 4

Armor
10-60mm

Primary armament :1× 7,5 cm Pak 39 L/48 (41 peluru)
Secondary armament : 1× 7.92 mm Maschinengewehr 34 (1.200 peluru)
Engine : Praga AC/2800 petrol engine
Power/weight :10 hp/tonne
Fuel Capacity : 320 litres
Suspension :torsion bar
Operational range:250km
Speed :39 km/h

Tank destroyer Hetzer dikembangkan dari sasis tank PzKpfw 38(t) sebagai alternatif tank destroyer yang murah dan mudah dibuat. Sasis tank PzKpfw 38(t) sendiri merupakan sasis tank yang awalnya di buat oleh Czechoslovakia, namun ketika negara ini takluk oleh serbuan Nazi Jerman, tank ini diadopsi oleh Jerman sebagai salah satu elemen tanknya. Seiring berjalannya waktu, Jerman mulai mengkonversi tank-tank PzKpfw 38(t) menjadi tank destroyer seperti Marder III. Sadar bahwa awak tank destroyer dengan model terbuka seperti Marder III(walaupun daya pandang sangat baik) mudah menjadi mangsa infantri musuh maupun pecahan peluru maupun hal-hal lainnya yang membahayakan awaknya, kemudian Jerman mendesain ulang tank destroyer dengan armor di sekujur tubuh. Hasilnya lahirlah Hetzer yang berukuran kecil namun memiliki kemampuan menghancurkan heavy tank musuh.
 
  

Hetzer memiliki ketebalan armor jauh dibawah tank destroyer umumnya, dengan hanya ketebalan maksimal 60mm. Tank-tank destroyer kelas berat memiliki armor yang tebal, seperti Jagpanther (max armor 120mm) ataupun Jagdtiger (max armor 250mm), membuatnya dapat bertahan saat menerima hantaman peluru 76mm tank sekutu. Namun tank-tank sekelas Jagdpanter memerlukan waktu produksi yang lebih lama dan lebih kompleks, selain itu nilai per unitnya jauh diatas Hetzer (Hingga akhir perang tercatat hanya 382 unit yang sempat di produksi, Jagdtiger jauh lebih mengenaskan, hanya sekitar 88 unit yang di produksi) . Hetzer jauh lebih cepat di produksi massal, dan bentuknya yang kecil menyulitkan tank musuh membidiknya. Dengan meriam utamanya, Herzer hampir dapat menghancurkan semua tank musuh. Sedangkan untuk menghalau infantri musuh, Hetzer dilengkapi sepucuk MG34 dengan remote.
Dibalik semua keunggulan, Hetzer menyimpan beberapa kelemahan. Bentuknya yang kecil sangat tak nyaman untuk keempat awaknya, terutama karena armor Hetzer berbentuk slope. Pandangan keluar amat terbatas, komandan tank kadang kala harus membuka hatch untuk bisa mendapatkan pandangan yang lebih baik. Sistem pengisian breechnya dari sebelah kanan, sedangkan senjatanya juga di tempatkan di sebelah kanan dekat dengan dinding slope tank, membuat pengisian peluru menjadi sulit.
Paska berakhirnya perang dunia kedua, pabrikan Hetzer diambil alih Czechoslovakia. Tentara Swiss masih menggunakan Hetzer hingga tahun 1970an


Tank - Tank Perkasa Buatan Jerman di PD 2 (bagian1)
Tank - Tank Perkasa Buatan Jerman di PD 2 (bagian2)

index
The Encyclopedia of Tanks (Chrish Bishop)
Armored Fighting Vehicle (Philip Trewhitt)
Wikipedia
Axishistory.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment